Resume 28 : "Blog Media Belajar dan Refleksi Diri Siswa"


 

Judul : Blog Media Belajar dan Refleksi Diri Siswa

Resume ke : 28

Gelombang : 29

Tanggal : 28 Agustus 2023

Tema : Blog Sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa

Narasumber : Bambang Purwanto, S.kom., Gr

Moderator : Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd.

Pada kelas kali ini di pertemuan ke 28 kami dibersamai oleh narasmber hebat yaitu seorang Guru TIK yang sangat piawai dalam berselancar didunia maya dan menggunakan aplikasi-aplikasinya yaitu Mr. Bams atau Bambang Purwanto, S.Kom., Gr. Dan di temani oleh moderator hebat alumni KBMN yaitu Ibu Sita atau Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd.

Kali ini Mr. Bams berbagi pengalaman dalam membuat blog pribadinya menjadi sebuah ruang khusus untuk menyimpan file-file pembelajaran bahkan menggunakannya untuk kegiatan belajar mengajar di kelas.

Dalam penggunaan blog ternyata sangat bisa mempermudah guru dalam melaksanakan pembelajaran, disana kita bisa menulis materi pembelajaran yang akan di sampaikan sampai satu semester sekaligus, sehingga siswa bisa belajara mandiri dengan sering-sering mengunjungi blog kita.

Serta yang paling menarik adalah pemanfaatan blog dalam merefleksi diri siswa seperti yang dicontohkan MR. Bams dalam blog beliau berikut:


https://penamrbams.id/informatika-kelas-7a-semester-ganjil-smp-taruna-bakti-2023-2024/


Pada blog di atas terlihat apa saja runtutan pembelajaran yang akan dilalui siswa. Bahkan ini akan mempermudah bagi siswa yang tidak dapat hadir kesekolah dapat dengan mudah hanya mengunjungi blog beliau sudah bisa ikut belajar, setidaknya mereka dapat menemukan gambaran pembelajaran yang tertinggal.

Refleksi Diri Siswa

Pada saat akhir pembelajaran setiap siswa diminta untuk menuliskan refleksi diri. Isi dari refleksi diri adalah perasaan siswa dan apa saja yang didapat dan dirasakan oleh siswa. Selain itu siswa bisa memberikan masukan kepada gurunya (Mr. Bams) agar bisa tampil mengajar dan melayani siswa dengan baik.

Pertanyaan Refleksi Diri

Tuliskan dalam bentuk paragrap. Apa yang dipelajari hari ini? Silahkan dijelaskan. Materi apa yang masih menjadi kesulitan bagi kalian (harus dijelaskan kembali)? Bagaimana perasaan kamu saat belajar bersama Mr. Bams? Adakah masukan untuk  Mr. saat pembelajaran hari ini? Kalau ada jelaskan. Mohon jelaskan dengan kalimat lengkap tidak dalam bentuk jawaban sebuah pertanyaan. Contoh : Hari ini saya ulangan bab 1. Sebelum ulangan Mr. Bams menjelaskan tujuan ulangan tidak hanya mendapatkan nilai, akan tetapi melatih kejujuran dan kepercayaan diri. Hari ini perasaan saya sangat senang belajar Mr. Bams karena sebelum dan selama ulangan berjalan dengan lancar. Masukannya kalau bisa ulangannya tidak esai semua.

Isian ini diolah menggunakan excel. Setiap siswa yang mengisi akan mendapatkan poin 10. Oh iya, tahun ini 2023/2024 menjadi 15 poinnya. Poin bisa dikonversi ke Nilai. Nilai Refleksi diri dibuat kesepatan dengan anak-anak bisa menjadi Nilai Ulangan atau Nilai Tugas. Sehingga mereka akan termotivasi dan bersemangat dalam mengisi refleksi diri.

Mengolah di excel tidaklah mudah. Bayangkan bapak-ibu guru harus melakukan ini per minggu karena poin akan terus diakumulasi.

Contoh

Kelas 7A punya siswa 5 orang. Anggap saja A, B, C, D dan E.

Minggu Pertama

A Mengisi P=15 N=100

B Tidak Mengisi P=0 N=0

C Mengisi P=15 N=100

D Mengisi P=15 N=100

E Mengisi P=15 N=100

Minggu Kedua

A Mengisi P=30 N=100

B Mengisi P=15 N=50

C Mengisi P=30 N=100

D Mengisi P=30 N=100

E Mengisi P=30 N=100

Mengisi poin nya baru 15 Nilainya 50 dari mana ?

( 15 / (15 x 2) ) * 100

( Poin yang didapat / ( 15 x jumlah pertemuan) ) * 100

Apasaja keuntungannya melaksanakan refleksi diri siswa?

 Bagi Siswa

1. Disiplin melakukan pengisian secara rutin diakhir pembelajaran

2. Melatih praktik kemampuan menulis

3. Hasil tulisan bisa dibaca ulang

4. Bagi yang tidak hadir bisa mendapat gambaran proses kegiatan pembelajaran

Bagi Guru

1. Seberapa taat siswa menulis refleksi diri, sehingga siswa disiplin untuk menulis setiap minggunya

2. Mendapatkan masukan dari siswa tentang pembelajaran

3. Memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat atau menyampakan perasaannya

4. Alat ukur kedisiplan

Apa yang kembali kepada kita adalah sebuah amanah untuk dijalan semakin baik. Belajar terus menjadi kunci untuk menjalani hidup ini. Lakukan semuanya dengan penuh kasih sayang. Seperti kasih sayang dari Sang Kuasa yang tak pernah berhenti. (Mr. Bams)

Yukk,,,kita menulis kamu pasti BISA!!!

 

Pelaihari, 28 Agustus 2023

Hidayatul Jannah

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume 1 "Menulis Setiap Hari"

Resume 2 " Menulis Tanpa Batas Usia"

Resume 14 : " Sistematika Pembuatan Buku Nonfiksi "