Resume 22 : "Mengenal Jenis-Jenis Buku dan sistematika Penulisannya"
Judul : Mengenal Jenis-Jenis Buku dan
sistematika Penulisannya
Resume ke : 22
Gelombang : 29
Tanggal : 14 Agustus 2023
Tema : Menulis Buku Ajar
Narasumber : Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd.
Moderator : Sigid PN, SH.
Materi malam ini yang ditunggu-tunggu
oleh para guru di kelas ini, yaitu “Menulis Buku Ajar”. Saya sering
membayangkan jika mengajar memakai buku sendiri, apakah itu hanya mimpi belaka?
Balik lagi kepada diri kita. Tapai melihat pembahasan malam ini sepertinya ada secercah
harapan mimpi jadi kenyataan. Bismillah kita simak dulu yaa…
Pemateri malam ini adalah ibu guru hebat
luar biasa yang memiliki segudang prestasi yang sangat membanggakan yaitu Dr.
Mudafiatun Isriyah, M.Pd. beliau adalah pemenang Buku Terbaik I tingkat
Nasional pada Perpusnan 13 September 2021. Judul bukunya adalah “Implementasi
Social Presence dalam Bimbingan Online dalam Perspektif Komunikasi Personal,
Interpersonal dan Impersonal”. Dan dipandu oleh moderator pegiat literasi hebat
juga yaitu Bapak Sigit PN, SH.
Untuk menulis Buku Ajar atau Buku Teks seorang
penulis minimal memiliki tiga syarat yaitu penguasaan ilmu, kemampuan berbahasa
dan komitmen.
Pertama-tama mari kita bedakan dulu apa
itu Bahan Ajar dan Buku Ajar. Berikut pengertian bahan ajar:
1. Bahan Ajar adalah segala bentuk bahan
yang di gunakan untuk membantu Guru/Dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar
mengajar. Bahan ajar dapat berupa bahan tertulis maupun tidak tertulis.
2. Bahan Ajar adalah seperangkat materi yang
disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak tertulis sehingga dapat
tercipta lingkungan dan suasana yang memungkinkan peserta didik untuk belajar.
Sedangkan
Buku Ajar merupakan salah satu bentuk bahan ajar. Buku Ajar adalah buku ilmiah
berupa uraian materi pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis
dengan bahasa yang lugas, digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran
(Pannen & Purwanto, 2001).
Dibawah ini
akan diuraikan jenis-jenis Buku Ajar, yaitu sebagai berikut:
1. Buku Ajar
Yaitu buku pegangan untuk suatu mata pelakaran atau mata kuliahyang
ditulis atau disusun oleh pakar bidang terkait dan memenuhi kaidah pembelajaran
(sesuai rencana pembelajaran) serta diterbitkan secara resmi dan
disebarluaskan.
2. Buku Modul
Yaitu buku dalam bentuk modul-modul terpisah sesuai dengan pokok
bahasan, disusun berdasarkan rancangan pembelajaran, dan disebarluaskan kepada
siswa/mahasiswa untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
3. Diktat
Yaitu buku untuk suatu mata kuliah yang ditulis atau disusun oleh
pengajar mata kuliah tersebut, mengikuti kaidah tulisan ilmiah dan
disebarluaskan kepada peserta kuliah.
4. Petunjuk Praktikum
Yaitu buku pedoman pelaksanaan praktikum yang diberi tata cara,
persiapan, pelaksanaan, analisis data pelaporan, ditulis oleh dosen atau tim
dosen yang menangani kegiatan praktikum dan ditulis dengan kaidah-kaidah
tulisan ilmiah.
5. Naskah Tutorial
Yaitu bahan rujukan untuk kegiatan tutorial suatu mata kuliah yang
disusun/ditulis oleh pengajar mata kuliah atau tim pelaksana tutorial dan
ditulis dengan kaidah tulisan ilmiah.
Kemudian berikut adalah Buku Hasil
Penelitian/Pemikiran, yaitu sebagai berikut:
1. Buku Referensi
Yaitu hasil penelitian atau hasil pemikiran yang dipublikasikan
dalam bentuk buku yang substansi, pembahasannya pada satu bidang ilmu, ditulis
mengikuti kaidah ilmiah dan disebarluaskan secara resmi.
2. Monograf
Yaitu hasil penelitian atau hasil pemikiran yang dipublikasikan
dalam bentuk buku yang membahas hanya pada satu hal saja dalam suatu bidang
ilmu.
Sekarang mari kita bedakan Buku ajar dengan
Buku Teks, berikut uraiannya:
a) Buku Ajar
- Ada pemberian kesempatan latihan bagi
peserta didik
- Selalu memberikan rangkuman
- Kepadatan berdasarkan kebutuhan peserta
didik
- Dikemas untuk digunakan dalam
pembelajaran
- Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan
umpan balik dari peserta didik
- Mencantumkan petunjuk penggunaan buku
ajar.
b) Buku Teks
- Belum tentu memberikan latihan bagi
peserta didik
- Belum tentu ada rangkuman
- Materi teks sangat lengkap
- Dikemas untuk dijual secara umum
- Tidak ada mekanisme untuk mengumpulkan
umpan balik dari pemakai
- Tidak memberikan petunjuk cara
mempelajarinya.
Ada tiga cara penulisan Buku Ajar, yaitu:
Pertama; Penataan Informasi, guru/dosen melakukan kompilasi bahan dari
berbagai sumber yang telah beredar dipasaran berdasrkan RPS yang telah disusun.
KeduaI; pengemasan kembali, guru/dosen melakukan pengemasan kembali dari
sumber-sumber yang telah ada disesuaikan dengan kebutuhan disesuaikan dengan
kompetensi yang ingin dicapai dalam RPS. Ketiga; menulis sendiri,
Guru/Dosen menulis sendiri berdasarkan kepakarannya berdasarka RPS mata kuliah
yang diampu.
Adapun sistematika penulisan Buku Ajar
adalah sebagai berikut:
a. Tinjauan Mata Pelajaran/Mata Kuliah
- Prakata
- Petunjuk penggunaan buku ajar bagi
peserta didik
- Identitas mata pelajaran/mata kuliah
- Deskripsi singkat isi buku ajar
- Kegunaan mata pelajaran/mata kuliah bagi
peserta didik
- Capaian pembelajaran.
b. BAB I : Pendahuluan, kemampuan akhir,
indikator
- Deskripsi singkat berupa gambaran umum
tentang cakupan BAB tersebut
- Relevansi antara BAB tersebut dengan
pengalaman yang telah dimiliki peserta didik atau manfaat bagi mereka.
c. Penyajian
- Uraian atau penjelasan materi dan diikuti
dengan conto-contoh
- Ilustrasi yang sesuai dengan uraian
materi
- Tugas dan latihan yang dilakukan peserta
didik setelah membaca uraian materi
- Rangkuman/ringkasan dari konsep atau
prinsip yang dibahas.
d. Penutup
- Penilaian, konsisten dengan rumusan indicator
dan kemampuan akhir.
- Umpan balik, untuk dapat menilai sendiri
hasil belajarnya.
- Tindak lanjut.
e. Daftar Pustaka
f. Senarai, berupa daftar istilah teknis
yang dianggap penting dan perlu dijelaskan
g. Daftar Index (jika diperlukan).
Nah selai uraian di atas dalam penulisan
Buku Ajar atau Buku teks, perlu perhatikan hal-hal berikut:
- Tentukan tujuan dan sasaran dari buku
yang akan ditulis.
- Riset dan konten; dengan mengumpulkan
materi pelajaran yang akan dimasukkan ke
dalam buku.
- Struktur dan penyusunan menjadi Bab atau
terorganisir dengan baik.
- Desain
dan tata letak.
- Gaya penulisan, gunakan bahasa yang
jelas, lugas, dan mudah dipahami.
- Mulai menulis dengan melibatkan guru
lain, bisa diskusi, studi kasus, atau latihan praktis untuk mengaplikasikan
konsep yang diajarkan.
- Revew dan uji coba, mintalah umpan balik
dari rekan guru atau ahli pendidikan.
- Legalitas, uji plagiasi.
- Penerbitan, pilih opsi penerbitan ingin
menerbitkan buku dalam bentuk cetak atau digital.
- Media pendukung (opsional), buku ajar
modern juga dapat didukung oleh media online, untuk meningkatkan daya Tarik dan
keterlibatan pengguna.
Pelaihari, 14 Agustus 2023
Hidayatul Jannah
Bagus
BalasHapus