Resume 22 : "Mengenal Jenis-Jenis Buku dan sistematika Penulisannya"

 

Judul : Mengenal Jenis-Jenis Buku dan sistematika Penulisannya

Resume ke : 22

Gelombang : 29

Tanggal : 14 Agustus 2023

Tema : Menulis Buku Ajar

Narasumber : Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd.

Moderator : Sigid PN, SH.

 

Materi malam ini yang ditunggu-tunggu oleh para guru di kelas ini, yaitu “Menulis Buku Ajar”. Saya sering membayangkan jika mengajar memakai buku sendiri, apakah itu hanya mimpi belaka? Balik lagi kepada diri kita. Tapai melihat pembahasan malam ini sepertinya ada secercah harapan mimpi jadi kenyataan. Bismillah kita simak dulu yaa…

Pemateri malam ini adalah ibu guru hebat luar biasa yang memiliki segudang prestasi yang sangat membanggakan yaitu Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd. beliau adalah pemenang Buku Terbaik I tingkat Nasional pada Perpusnan 13 September 2021. Judul bukunya adalah “Implementasi Social Presence dalam Bimbingan Online dalam Perspektif Komunikasi Personal, Interpersonal dan Impersonal”. Dan dipandu oleh moderator pegiat literasi hebat juga yaitu Bapak Sigit PN, SH.

Untuk menulis Buku Ajar atau Buku Teks seorang penulis minimal memiliki tiga syarat yaitu penguasaan ilmu, kemampuan berbahasa dan komitmen.

Pertama-tama mari kita bedakan dulu apa itu Bahan Ajar dan Buku Ajar. Berikut pengertian bahan ajar:

1.    Bahan Ajar adalah segala bentuk bahan yang di gunakan untuk membantu Guru/Dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar. Bahan ajar dapat berupa bahan tertulis maupun tidak tertulis.

2.    Bahan Ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak tertulis sehingga dapat tercipta lingkungan dan suasana yang memungkinkan peserta didik untuk belajar.

Sedangkan Buku Ajar merupakan salah satu bentuk bahan ajar. Buku Ajar adalah buku ilmiah berupa uraian materi pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis dengan bahasa yang lugas, digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran (Pannen & Purwanto, 2001).

Dibawah ini akan diuraikan jenis-jenis Buku Ajar, yaitu sebagai berikut:

1.    Buku Ajar

Yaitu buku pegangan untuk suatu mata pelakaran atau mata kuliahyang ditulis atau disusun oleh pakar bidang terkait dan memenuhi kaidah pembelajaran (sesuai rencana pembelajaran) serta diterbitkan secara resmi dan disebarluaskan.

2.    Buku Modul

Yaitu buku dalam bentuk modul-modul terpisah sesuai dengan pokok bahasan, disusun berdasarkan rancangan pembelajaran, dan disebarluaskan kepada siswa/mahasiswa untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

3.    Diktat

Yaitu buku untuk suatu mata kuliah yang ditulis atau disusun oleh pengajar mata kuliah tersebut, mengikuti kaidah tulisan ilmiah dan disebarluaskan kepada peserta kuliah.

4.    Petunjuk Praktikum

Yaitu buku pedoman pelaksanaan praktikum yang diberi tata cara, persiapan, pelaksanaan, analisis data pelaporan, ditulis oleh dosen atau tim dosen yang menangani kegiatan praktikum dan ditulis dengan kaidah-kaidah tulisan ilmiah.

5.    Naskah Tutorial

Yaitu bahan rujukan untuk kegiatan tutorial suatu mata kuliah yang disusun/ditulis oleh pengajar mata kuliah atau tim pelaksana tutorial dan ditulis dengan kaidah tulisan ilmiah.

Kemudian berikut adalah Buku Hasil Penelitian/Pemikiran, yaitu sebagai berikut:

1.    Buku Referensi

Yaitu hasil penelitian atau hasil pemikiran yang dipublikasikan dalam bentuk buku yang substansi, pembahasannya pada satu bidang ilmu, ditulis mengikuti kaidah ilmiah dan disebarluaskan secara resmi.

2.    Monograf

Yaitu hasil penelitian atau hasil pemikiran yang dipublikasikan dalam bentuk buku yang membahas hanya pada satu hal saja dalam suatu bidang ilmu.

 

Sekarang mari kita bedakan Buku ajar dengan Buku Teks, berikut uraiannya:

a)    Buku Ajar

-       Ada pemberian kesempatan latihan bagi peserta didik

-       Selalu memberikan rangkuman

-       Kepadatan berdasarkan kebutuhan peserta didik

-       Dikemas untuk digunakan dalam pembelajaran

-       Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari peserta didik

-       Mencantumkan petunjuk penggunaan buku ajar.

b)    Buku Teks

-       Belum tentu memberikan latihan bagi peserta didik

-       Belum tentu ada rangkuman

-       Materi teks sangat lengkap

-       Dikemas untuk dijual secara umum

-       Tidak ada mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai

-       Tidak memberikan petunjuk cara mempelajarinya.

Ada tiga cara penulisan Buku Ajar, yaitu: Pertama; Penataan Informasi, guru/dosen melakukan kompilasi bahan dari berbagai sumber yang telah beredar dipasaran berdasrkan RPS yang telah disusun. KeduaI; pengemasan kembali, guru/dosen melakukan pengemasan kembali dari sumber-sumber yang telah ada disesuaikan dengan kebutuhan disesuaikan dengan kompetensi yang ingin dicapai dalam RPS. Ketiga; menulis sendiri, Guru/Dosen menulis sendiri berdasarkan kepakarannya berdasarka RPS mata kuliah yang diampu.

Adapun sistematika penulisan Buku Ajar adalah sebagai berikut:

a.    Tinjauan Mata Pelajaran/Mata Kuliah

-       Prakata

-       Petunjuk penggunaan buku ajar bagi peserta didik

-       Identitas mata pelajaran/mata kuliah

-       Deskripsi singkat isi buku ajar

-       Kegunaan mata pelajaran/mata kuliah bagi peserta didik

-       Capaian pembelajaran.

b.    BAB I : Pendahuluan, kemampuan akhir, indikator

-       Deskripsi singkat berupa gambaran umum tentang cakupan BAB tersebut

-       Relevansi antara BAB tersebut dengan pengalaman yang telah dimiliki peserta didik atau manfaat bagi mereka.

c.     Penyajian

-       Uraian atau penjelasan materi dan diikuti dengan conto-contoh

-       Ilustrasi yang sesuai dengan uraian materi

-       Tugas dan latihan yang dilakukan peserta didik setelah membaca uraian materi

-       Rangkuman/ringkasan dari konsep atau prinsip yang dibahas.

d.    Penutup

-       Penilaian, konsisten dengan rumusan indicator dan kemampuan akhir.

-       Umpan balik, untuk dapat menilai sendiri hasil belajarnya.

-       Tindak lanjut.

e.    Daftar Pustaka

f.      Senarai, berupa daftar istilah teknis yang dianggap penting dan perlu dijelaskan

g.    Daftar Index (jika diperlukan).

 

Nah selai uraian di atas dalam penulisan Buku Ajar atau Buku teks, perlu perhatikan hal-hal berikut:

-       Tentukan tujuan dan sasaran dari buku yang akan ditulis.

-       Riset dan konten; dengan mengumpulkan materi pelajaran  yang akan dimasukkan ke dalam buku.

-       Struktur dan penyusunan menjadi Bab atau terorganisir dengan baik.

-        Desain dan tata letak.

-       Gaya penulisan, gunakan bahasa yang jelas, lugas, dan mudah dipahami.

-       Mulai menulis dengan melibatkan guru lain, bisa diskusi, studi kasus, atau latihan praktis untuk mengaplikasikan konsep yang diajarkan.

-       Revew dan uji coba, mintalah umpan balik dari rekan guru atau ahli pendidikan.

-       Legalitas, uji plagiasi.

-       Penerbitan, pilih opsi penerbitan ingin menerbitkan buku dalam bentuk cetak atau digital.

-       Media pendukung (opsional), buku ajar modern juga dapat didukung oleh media online, untuk meningkatkan daya Tarik dan keterlibatan pengguna.

 

 

Pelaihari, 14 Agustus 2023

Hidayatul Jannah


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Emak-Emak Ikut Opening KBMN 29

Resume 13 : "Langkah-Langkah Membuat Pantun"