Resume 27 ; "Mengukir Prestasi dengan Menulis"

 

Judul : Mengukir Prestasi dengan Menulis

Resume ke : 27

Gelombang : 29

Tanggal : 25 Agustus 2023

Tema : Berprestasi dan Go Internasional Berkah Menulis

Narasumber : Rita Wati, M.Kom.

Moderator : Nur Dwi Yanti, M.Pd.

Go internasional….wah luar biasa kelas kali ini di temani oleh narasumber yang hebat luar biasa seorang alumni KBMN gelombang 10. Beliau seorang Guru SMP di Kabupaten Jembrana Provinsi Bali. Beliau adalah Ibu Rita Wati, M.Kom.

Serta dibersamai oleh moderator luar biasa yaitu Ibu Nur Dwi Yanti, M.Pd. atau yang lebih akrabnya dipanggil dengan sebutan NDY.

Kali ini narasumber berbagi pengalaman bagaimana awalnya bisa berkesempatan meraih prestasi serta dapat kesempatan belajar di luar negeri, tepatnya di Harvard dan Volunteer AIV.

Ibu Rita Wati, M.Kom., yang biasa di sapa dengan Cikgu Rita ternyata sejak 2001 beliau sudah memiliki ketertarikan dalam dunia menulias. Karena saat itu beliau berteman dengan seorang penulis yang sudah menerbitkan buku. Hanya saja Beliau tidak tau bagaimana cara memulainya.

Setelah 14 tahun kemudian perasaan ingin menulis muncul lagi dengan menggebu-gebu. Sehingga Beliau berusaha menulis apapun yang beliau pikirkan.  Termasuk sebuah cerpen yang sudah sampai 80 halaman.

Akan tetapi perasaan yang tidak percaya dengan kemampuan sendiri membuat tulisan-tulisan itu hanya terpendam didlam folder  saja. Dan Beliau sempat menganggap bahwa Beliau sungguh tidak berbakat menjadi seorang penulis.

Kemudian datanglah musim pandemi barulah Beliau berkenalan dengan grup menulis KBMN. Akhirnya di kelas itulah dimulai perjalanan menulis Beliau yang mulanya hanya menulis resume saja kemudian dengan penuh semangat yang sudah terpendam selama bertahun-tahun hingga dapat kesempatan menulis duet dengan Prof. Richardus Eko Indrajit.

Hal tersebut semakin menambah kepercayaan diri Beliau hingga saat ini sudah menerbitkan 4 Buku solo, 1 buku duet, dan 10 buku antologi.

Kemudian yang terbaru Beliau berkesempatan untuk menulis buku Biografi Kepala BI ilayah Bali Nusra yang berjudul “Mengejar Mimpi”.

Dari pengalaman Cikgu Rita saya dapat mengambil kesimpulan bahwa:

1.    Janganlah kalah sebelum berjuang. Coba dulu baru kita akan tahu kemampuan dan bakat yang ada pada diri kita. Jangan menghakimi diri sebelum membuktikannya.

2.    Menumbuhkan dan menguatkan kepercayaan diri atau self confidence itu penting.

3.    Bertemanlah dan berbaurlah dengan orang-orang yang baik dan hebat dengan harapan kita akan ikut menjadi baik dan hebat seperti mereka.

4.    Terus lah belajar dan belajar, agar dapat manfaat dan dapat memberi manfaat bagi orang-orang disekitar kita.

Yukk,,,kita menulis kamu pasti BISA!!!

 

Pelaihari, 25 Agustus 2023

Hidayatul Jannah


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume 1 "Menulis Setiap Hari"

Resume 2 " Menulis Tanpa Batas Usia"

Resume 14 : " Sistematika Pembuatan Buku Nonfiksi "