Resume 26 : "Menulis dengan Hati"

 

Judul : Menulis dengan Hati

Resume ke : 26

Gelombang : 29

Tanggal : 23 Agustus 2023

Tema : Writing By Heart

Narasumber : Mutmainnah, M.Pd.

Moderator : Widya Arema

Kelas malam ini dibersamai oleh narasumber luar biasa jebolan KBMN juga pada gelombang 24 yang sudah menelurkan buku solo dan banyak buku antologi yang tak terhitung jumlahnya. Yaitu Ibu Mutmainnah, M. Pd. Yang akrab di panggil Bu Emut.

Serta di temani oleh moderator hebat alumni KBMN juga sekaligus bestie Bu Emut yaitu Ibu Widya Arema.

Tema kali ini “Writing By Heart” yang cukup abstrak tetapi pasti dapat kita bayangkan dan kita rasakan.

Apa itu menulis dengan hati? Yaitu sesuatu yang ditulis dengan hati maka akan sampai di hati pula. Maksudnya jadikan hati sebagai inspirasi, sumber dalam mengolah ide dalam membuat tulisan. Otak dan pikiran hanyalah alat dari proses menulis yang bersumber dari hati.

Berikut tips menulis dengan Hati:

1.    Libatkan Emosi

Emosi yang dimaksud disini adalah emosi positif. Tulis apa saja yang kita amati, kita temui dengan apa adanya tanpa sambil mengedit. Buatlah tulisan dengan sepenuh hati dengan memberi rasa dan warna pada tulisan. Tuangkan tulisan dengan menggambarkan kesedihan, kemarahan, kebahagiaan dengan benar-benar seperti kita curhat dengan sahabat sendiri, sehingga pembaca dapat merasakan aura kesedihan atau kemarahan yang kita tulis.

2.    Libatkan Panca Indra

Libatkan semua panca indra seperti melihat, mendengar agar pembaca merasakan apa yang ada pada tulisan kita.

3.    Tulis yang kita suka

Menulis apa yang kita sukai, karena akan mudah bagi kita dalam menjelaskan dan merincikan sesuatu yang disukai. Dan menghindari keterpaksaan dalam menulis.

4.    Jangan mengharap pujian

Menulislah dengan ikhlas untuk berbagi manfaat jangan mengharapkan pujian. Jika mengharapkan sesuatu yang ternyata kita tidak mendapatkannya sehingga akan membuat badmood dan malas untuk menulis.

5.    Who dan Do

Who yaitu kita mengenali siapa pembaca tulisan kita. Jika kita ingin menulis untuk remaja, maka posisikan diri kita sebagai remaja. Mulai dari gaya bahasa, topic, dan hal-hal lainnya yang di gandrungi remaja.

Do artinya pesan apa yang akan kita sampaikan pada pembaca. Harapannya pembaca akan melakukan apa yang kita tulis sesuai dengan tujuan penulisan kita.

6.    Read and Read

Penulis seharusnya suka membaca, dengan membaca akan memperkaya wawasan, gaya bahasa, dan bahan tulisan yang akan ditulis. Sehingga banyak memiliki referensi serta ide dalam menulis.

7.    Jujur

Tulisan adalah isi hati penulis sehingga tulisan kita adalah gambaran dari kita si penulis.

8.    Konsisten

Point ini mudah disebutkan tetapi susah di praktekkan. Dalam hal ini kita harus bisa menjaga kebiasaan menulis kita terus menerus dalam keadaan apapun.

Adapun Manfaat menulis dengan hati adalah:

a.    Lebih menyentuh pembaca

b.    Cerita lebih terasa nyata

c.     Lebih mudah menyusun cerita

Menulis dengan hati tentunya akan membuat tulisan sampai ke hati pembaca, jadi mari kita belajar menulis dari hati agar tulisan kita sampai ke hati pembacanya. Belajar dan terus belajar kamu pasti BISA!!!

 

Pelaihari, 23 Agustus 2023

Hidayatul Jannah


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume 1 "Menulis Setiap Hari"

Resume 2 " Menulis Tanpa Batas Usia"

Resume 14 : " Sistematika Pembuatan Buku Nonfiksi "