Resume 20 : " Strategi Pemasaran Buku "
Judul : Strategi Pemasaran Buku
Resume ke : 20
Gelombang : 29
Tanggal : 9 Agustus 2023
Tema : Pemasaran Buku
Narasumber : Agus Subardana, S.E., M.M.
Moderator : Helwiyah, S.Pd., M.M.
Kembali lagi malam ini di kelas KBMN
gelombang 29 di pertemuan ke 20. Malam ini akan di bersamai oleh narasumber
hebat Bapak Agua Subardana, S.E., M.M. sebagai narasumber serta Ibu Helwiyah,
S.Pd., M.M. sebagai moderator.
Malam ini akan di kupas tuntas trik-trik
atau bagaimana teknik memasarkan buku agar menarik pembaca secara efektif dan
efisien.
Strategi pemasaran buku adalah rencana
yang dirancang untuk mempromosikan dan mengkomunikasikan buku kepada konsumen,
dengan tujuan meningkatkan penjualan dan visitabilitas buku tersebut.
Ada 5 terobosan dalam memasarkan buku
agar menarik pembaca, yaitu:
1. Memasarkan buku melalui online
Cara ini bisa menjadi cara yang efektif untuk mencapai audiens yang
lebih luas atau potensial. Berikut adalah cara-cara yg dapat dilakukan;
a) Buat platform online
Kita perlu memiliki platform online untuk memasarkan dan menjual
buku, termasuk website pribadi, blog atau menggunakan platform seperti
WordPress, Shopify, atau WooCommerce. Tujuannya adalah sebagai:
- Mengampanyekan informasi produk secara
luas kepada target potensial.
- Mendapatkan konsumen baru dan
mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga loyalitas konsumen terjaga.
- Menjaga stabilitas penjualan saat kondisi
pasar sedang lesu.
- Meningkatkan penjualan dan keuntungan.
- Membandingkan dan menonjolkan keunggulan
produk.
- Membentuk citra produk yang diinginkan
konsumen.
- Mengubah prilaku, persepsi dan pendapat
konsumen terhadap produk.
b) Optimalkan Website
Pastikan Website kita menarik dan mudah di navigasi dan berfokus
pada buku kita. sertakan deskripsi yang menarik, kutipan dari buku, ulasan
positif serta informasi tentang penulis. Serta pastikan Website responsive untuk
berbagai perangkat.
c) Jual melalui toko online
Jika tidak ingin membangun website dari awal, kita bisa menjual
buku melalui toko online seperti Amazone, eBay, Shopee, Buka lapak, Tokopedia
dan lain sebagainya.
d) Gunakan media social
Manfaatkan media social seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan
lain-lain untuk mempromosikan bku. Posting secara konsisten tentang cuplikan,
ulasan dan cerita dibalik penulisan buku.
e) Blogging
Tulis blog atau artikel yang memuat tentang buku anda atau tema
yang diangkat dalam buku. Hal ini dapat membantu meningkatkan otoritas anda sebagai
penulis.
f) Email marketing
Kumpulkan alamat email dari pengunjung situs Web atau pembaca yang
berminat. Kemudian kirim pembaharuan berkala tentang buku baru, promosi dan
berita terkini.
g) Kolaborasi dan revew
Ajak kolaborasi dengan blogger atau influencer yang memiliki
audiens yang relevan dengan buku anda.
h) Penawaran khusus
Tawarka promosi khusus seperti diskon khusus, atau bundle dengan
produk lain, atau edisi terbatas.
i) Pengiklanan online
Dapat menggunakan iklan online melalui platform seperto google Ads
atau media social.
j) Ulasan dan rekomendasi
Ajak pembaca yang telah membeli buku anda untuk memberikan ulasan
dan merekondasikan kepada teman dan keluarga.
k) Acara dan Workshop
Hal ini delain dapat membantu mempromosikan buku juga dapat membangun
kredibilitas anda sebagai ahli dalam bidang tersebut.
l) Jaga keterlibatan jangka panjang
Yaitu dengan membuat komunitas agar dapat terus berkomunikasi.
2. Memasarkan buku melalui offline
Berikut beberapa strateginya:
a) Toko buku fisik
- Toko buku modern, contohnya Gramedia
Books Store, Gunung Agung Books Store, dan lain sebagainya.
- Toko buku semi modern, biasanya toko-toko
ini mengandalkan system administrasi penjualan pertoko.
- Toko buku tradisional.
b) Strategi pemasaran buku secara offline
yaitu dengan penjualan secara tatap muka langsung. Dalam hal ini pemasaran buku
berdasrkan target dapat di bagi menjadi beberapa kelompok yaitu:
- Pendidikan, memasarkan buku kepada
lembaga pendidikan seperti sekolah, perguruan tinggi, lembaga pelatihan dan
lain sebagainya.
- Ke setiap perpustakaan tingkat nasional,
provinsi, kabupaten, sampai ke tingkat desa.
- Perusahaan, menawarkan buku sebagai bahan
bacaan atau hadiah perusahaan atau CSR dari perusahaan besar serta BUMN.
Adapun target pasar dapat dibedakan menjadi beberapa jenis kategori
bukuyang dapat mengarahkan upaya Direct Selling untuk menjangkau audiens yang
tepat, yaitu:
- Pendidikan (buku mata pelajaran atau buku
pendamping)
- Buku teks perguruan tinggi
- Buku referensi untuk jenjang TK, SD, SMP,
SMA-SMK, Perguruan tinggi dan umum.
Berikut beberapa langkah dalam mengembangkan strategi pemasaran
melalui Direct Selling:
1. Segmentasi pasar
2. Pengembangan materi penjualan
3. Pelatihan distributor
4. Paket penjualan
5. Jaringan dan hubungan
6. Pameran dan acara
7. Penawaran khusus
8. Follow up
9. Focus pada pengalaman
10. Analisis dan penyesuaian
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
Pelaihari, 9 Agustus 2023
Hidayatul Jannah
Komentar
Posting Komentar