Resume 20 : " Strategi Pemasaran Buku "


 

Judul : Strategi Pemasaran Buku

Resume ke : 20

Gelombang : 29

Tanggal : 9 Agustus 2023

Tema : Pemasaran Buku

Narasumber : Agus Subardana, S.E., M.M.

Moderator : Helwiyah, S.Pd., M.M.

Kembali lagi malam ini di kelas KBMN gelombang 29 di pertemuan ke 20. Malam ini akan di bersamai oleh narasumber hebat Bapak Agua Subardana, S.E., M.M. sebagai narasumber serta Ibu Helwiyah, S.Pd., M.M. sebagai moderator.

Malam ini akan di kupas tuntas trik-trik atau bagaimana teknik memasarkan buku agar menarik pembaca secara efektif dan efisien.

Strategi pemasaran buku adalah rencana yang dirancang untuk mempromosikan dan mengkomunikasikan buku kepada konsumen, dengan tujuan meningkatkan penjualan dan visitabilitas buku tersebut.

Ada 5 terobosan dalam memasarkan buku agar menarik pembaca, yaitu:

1.    Memasarkan buku melalui online

Cara ini bisa menjadi cara yang efektif untuk mencapai audiens yang lebih luas atau potensial. Berikut adalah cara-cara yg dapat dilakukan;

a)    Buat platform online

Kita perlu memiliki platform online untuk memasarkan dan menjual buku, termasuk website pribadi, blog atau menggunakan platform seperti WordPress, Shopify, atau WooCommerce. Tujuannya adalah sebagai:

-       Mengampanyekan informasi produk secara luas kepada target potensial.

-       Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga loyalitas konsumen terjaga.

-       Menjaga stabilitas penjualan saat kondisi pasar sedang lesu.

-       Meningkatkan penjualan dan keuntungan.

-       Membandingkan dan menonjolkan keunggulan produk.

-       Membentuk citra produk yang diinginkan konsumen.

-       Mengubah prilaku, persepsi dan pendapat konsumen terhadap produk.

b)    Optimalkan Website

Pastikan Website kita menarik dan mudah di navigasi dan berfokus pada buku kita. sertakan deskripsi yang menarik, kutipan dari buku, ulasan positif serta informasi tentang penulis. Serta pastikan Website responsive untuk berbagai perangkat.

c)    Jual melalui toko online

Jika tidak ingin membangun website dari awal, kita bisa menjual buku melalui toko online seperti Amazone, eBay, Shopee, Buka lapak, Tokopedia dan lain sebagainya.

d)    Gunakan media social

Manfaatkan media social seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain untuk mempromosikan bku. Posting secara konsisten tentang cuplikan, ulasan dan cerita dibalik penulisan buku.

e)    Blogging

Tulis blog atau artikel yang memuat tentang buku anda atau tema yang diangkat dalam buku. Hal ini dapat membantu meningkatkan otoritas anda sebagai penulis.

f)      Email marketing

Kumpulkan alamat email dari pengunjung situs Web atau pembaca yang berminat. Kemudian kirim pembaharuan berkala tentang buku baru, promosi dan berita terkini.

g)    Kolaborasi dan revew

Ajak kolaborasi dengan blogger atau influencer yang memiliki audiens yang relevan dengan buku anda.

h)    Penawaran khusus

Tawarka promosi khusus seperti diskon khusus, atau bundle dengan produk lain, atau edisi terbatas.

i)      Pengiklanan online

Dapat menggunakan iklan online melalui platform seperto google Ads atau media social.

j)      Ulasan dan rekomendasi

Ajak pembaca yang telah membeli buku anda untuk memberikan ulasan dan merekondasikan kepada teman dan keluarga.

k)    Acara dan Workshop

Hal ini delain dapat membantu mempromosikan buku juga dapat membangun kredibilitas anda sebagai ahli dalam bidang tersebut.

l)      Jaga keterlibatan jangka panjang

Yaitu dengan membuat komunitas agar dapat terus berkomunikasi.

2.    Memasarkan buku melalui offline

Berikut beberapa strateginya:

a)    Toko buku fisik

-       Toko buku modern, contohnya Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store, dan lain sebagainya.

-       Toko buku semi modern, biasanya toko-toko ini mengandalkan system administrasi penjualan pertoko.

-       Toko buku tradisional.

b)    Strategi pemasaran buku secara offline yaitu dengan penjualan secara tatap muka langsung. Dalam hal ini pemasaran buku berdasrkan target dapat di bagi menjadi beberapa kelompok yaitu:

-       Pendidikan, memasarkan buku kepada lembaga pendidikan seperti sekolah, perguruan tinggi, lembaga pelatihan dan lain sebagainya.

-       Ke setiap perpustakaan tingkat nasional, provinsi, kabupaten, sampai ke tingkat desa.

-       Perusahaan, menawarkan buku sebagai bahan bacaan atau hadiah perusahaan atau CSR dari perusahaan besar serta BUMN.

Adapun target pasar dapat dibedakan menjadi beberapa jenis kategori bukuyang dapat mengarahkan upaya Direct Selling untuk menjangkau audiens yang tepat, yaitu:

-       Pendidikan (buku mata pelajaran atau buku pendamping)

-       Buku teks perguruan tinggi

-       Buku referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK, Perguruan tinggi dan umum.

Berikut beberapa langkah dalam mengembangkan strategi pemasaran melalui Direct Selling:

1.    Segmentasi pasar

2.    Pengembangan materi penjualan

3.    Pelatihan distributor

4.    Paket penjualan

5.    Jaringan dan hubungan

6.    Pameran dan acara

7.    Penawaran khusus

8.    Follow up

9.    Focus pada pengalaman

10. Analisis dan penyesuaian

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

 

Pelaihari, 9 Agustus 2023

Hidayatul Jannah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Emak-Emak Ikut Opening KBMN 29

Resume 13 : "Langkah-Langkah Membuat Pantun"