Resume 19 : "Strategi Promosi Buku"


 Judul : Strategi Promosi Buku

Resume ke : 19

Gelombang : 29

Tanggal : 7 Agustus 2023

Tema : Teknik Promosi Buku

Narasumber : Akbar Zainuddin, MM., MNE.

Moderator : Muliadi

Menulis adalah sebuah keahlian yang dimiliki seseorang, semakin orang tersebut sering menulis maka akan semakin terlihat bakatnya. Menulis dan membuat sebuah karya yang bagus tidak cukup hanya sampai disitu, kita perlu mempromosikan kepada khalayak ramai tentang karya tersebut.

Pada pertemuan KBMN ke 19 malam ini kita akan membahas bagaimana teknik mempromosikan buku agar dikenal dan diketahui banyak orang.


Akbar Zainuddin, MM., MNE. Seorang putra Banyumas, Jawa Tengah kelahiran tahun 1973. Beliau alumnus pesantren gontor dan sekarang sedang menyelesaikan pendidikan Doktor di UNJ (Universitas Negeri Jakarta). Beliau inilah yang akan berbagi tips bagaimana cara mempromosikan buku dengan mudah dan murah.

 


Promosi adalah cara kita memberikan informasi tentang sebuah produk kepada konsumen agar mereka tertarik dan mau membeli. Promosi buku adalah cara kita mengenalkan buku yang kita miliki kepada audiens kita agar mereka tertarik dan mau membeli.

Promosi buku sangat penting dilakukan, karena sebagus apapun buku kita kalau konsumen atau audiens tidak mengetahui tentang pruduk kita , maka mereka tidak akan tertarik apalagi mau membelinya.

Adapun tujuan dilakukannya promosi buku adalah:

1)    Membuat audiens mengenal buku kita,

2)    Membangkitkan kebutuhan konsumen untuk membeli buku kita. Bagaimanan caranya membuat yang tadinya tidak butuh, setelah promosi menjadi butuh,

3)    Meyakinkan konsumen untuk membeli buku,

4)    Mengharapkan konsumen mau merekomendasikan buku kita kepada orang lain.

Dalam meulis juga harus memperhatikan kebutuhan sasaran pembaca atau konsumen. Diharapkan kita menulis sesuaitu yang memang dibutuhkan oleh konsumennya. Sehingga kita bisa menntukan terlebih dahulu untuk siapa kita menulis apakah utuk anak-anak, guru, dewasa, dan lain sebagainya.

Program promosi buku dapat dilakukan oleh penerbit atau penulis. Berikut tujuh program promosi buku, yaitu:

1)    Launching buku

Adalah program untuk meluncurkan buku baru. Bisa di aula, hotel, masjid, lembaga pendidikan dan lain-lain. Yang mengadakan dan yang membiayai bisa oleh penerbit maupun penulis itu sendiri. Sekarang program ini dapat dilakukan dengan sangat mudah dengan adanya social media. Kita dapat melkukannya dari rumah melalui FB, IG, ataupun Youtube.

2)    Bedah buku

Adalah acara diskusi untuk membedah isi buku kita. Bedah buku ini dapat dilakukan secara online dan offline. Secara offline artinya kita bisa bekerja sama dengan lembaga pendidikan, perpustakaan, majlis ta’lim dan lain sebagainya.

3)    Seminar atau Pelatihan

Lakukan seminar atau pelatihan sesuai dengan tema buku. Lakukan secara berkala atau sebanyak-banyaknya.

4)    Membangun komunitas

Adalah komunitas sesuai dengan tema buku kita. Komunitas membuat kita lebih dekat dengan pembaca maka akan lebih  mudah menawarkannya.

5)    Membangun jaringan reseller

Reseller adalah orang-orang yang menjualkan buku kita. Mereka kita berikan 10% - 20% dari harga jual.

6)    Jualan di marketplace

Membuka took di marketplace akan meluaskan promosi dan distribusi kita, misal membuka toko di Shopee, Lazada, dan lain sebagainya.

7)    Manfaatkan Media Sosial

Manfaatkan sebaik mungkin folowers dan subscriber dengan memberikan informasi tentang buku kita.


Pelaihari, 7 Agustus 2023

Hidayatul Jannah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Emak-Emak Ikut Opening KBMN 29

Resume 13 : "Langkah-Langkah Membuat Pantun"