Resume 16 : " Apa Itu Ebook ? "


 

Judul : Apa itu Ebook?

Resume ke : 16

Gelombang : 29

Tanggal : 31 Juli 2023

Tema : Menulis Buku Cerita Digital

Narasumber : Nur Dwi Yanti, M.Pd.

Moderator : Raliyanti

          Di era digital sekarang ini memang tidak mengherankan jika segala macam berbentuk digital. Apalagi sebuah buku yang memang tidak akan bisa lepas dalam kehidupan sehari-hari dalam dunia pendidikan.

          Kali ini kita akan mengenal tentang Ebook yang akan di sajikan oleh ibu Nur Dwi Yanti, M.Pd selaku narasumber malam ini. Dan akan dibersamai oleh bunda Raliyanti sebagai moderator.

          Ebook atau Elektronik Book adalah sebuah panduan dalam versi digital yang dapat dibuka melalui perangkat elektronik. Seperti computer, gadget, handphon, dan lain-lain. Ebook sma saja seperti buku-buku pada umumnya, hanya saja tidak berbentuk lembaran-lembaran kertas, melainkan berupa teks atau gambar digital.

          Fungsi Ebook sendiri sama saja seperti buku-buku pada umumnya, yaitu sebagai media pembelajaran. Bahkan kita juga bisa berbagi tentang ilmu yang dimiliki dengan cara membuat artikel lalu membagikannya di internet dan menjualnya atau membagikannya secara gratis.

          Berikut kelebihan Ebook di bandingkan dengan buku biasa, yaitu sebagai berikut:

1.    Mendapatkan Ebook sangat mudah, cukup duduk didepan computer atau gadget secara online, dengan waktu yang singkat mendapatkan ebook yang diinginkan.

2.    Membuat Ebook sangat mudah dan tidak membutuhkan biaya yang besar, karena hanya dengan membuka aplikasi saja. Serta dapat mengeditnya jika menemukan kesalahan. Serta Ebook bisa digandakan sebanyak-banyaknya tanpa batas, tanpa ada tambahan biaya yang harus dikeluarkan.

3.    Mudah disimpan dan dibawa-bawa. Ukuran ebook yang kecil yng memudahkan kita dalam menyimpan. Ebook dapat disimpan kedalam berbagai media penyimpanan, seperti flaskdisk, memory card, harddisk eksternal, perangkat mobile dan lain sebagainya.

4.    Tidak perlu perawatan. Ebook tidak perlu dirawat seperti halnya buku yang akan mudah rusak dan kotor. Serta ebook tidak dimakan rayap, tidak basah dan tidak sobek karena berbentuk digital.

Adapun aplikasi yang dapat digunakan dalam membuat ebook yaitu:

a)    PDF

Aplikasi ini adalah format yang paling umum digunakan. Biasanya situs web apapun yang menawarkan ebook gratis akan berbentuk PDF. Hal ini dikarenakan PDF mudah diakses oleh perangkat mobile maupun computer.

b)    Google Docs

Aplikasi ini dapat membuat ebook secara gratis dan menyimpan file dalam bentuk ePUB. Tetapi perangkat harus dalam keadaan online untuk dapat menyimpan atau mendownload file pdf, epub atau word. Bahkan kita bisa mengedit dan melacak serta memberikan komentas secara real time.

c)    Mobipocket

Aplikasi ini awalnya hanya digunakan untuk e-reader. Namun sekarang sudah dpat digunakan oleh pembaca ebook yang lebih popular.

d)    ePUBee

merupakan aplikasi membuar ebook gratis yang langsung terhubung dengan Microsoft Award.

Demikianlah tentang ebook semoga bermanfaat dan dapat membuat ebook sendiri.

 

Pelaihari, 31 Juli 2023

Hidayatul Jannah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume 1 "Menulis Setiap Hari"

Resume 2 " Menulis Tanpa Batas Usia"

Resume 14 : " Sistematika Pembuatan Buku Nonfiksi "