Resume 1 "Menulis Setiap Hari"

 


Bingung mulai dari mana saya menulisnya, tp seperti kata OmJay "mulailah dengan benda atau apapun yang ada di hadadapan anda". Jujur mengikuti kelas pertama hari ini lumaian banyak ujiannya, mulai dari mengantar dan menjemput anak les sampai tangisan anak bungsu yang di tinggal ayahnya nobar pertandingan bola malam ini dengan teman-temannya. 

Ternyata kelas ini berbeda dengan kelas-kelas yang biasa saya ikuti, atau memang saya yang "kudet" jarang ikut kegiatan yang seperti ini. Biasanya saya mengikuti kelas belajar dengan zoom setiap pertemuannya, ternyata disini berbeda. memang benar-benar melatih untuk membaca para pesertanya. Tidak terbayangkan jika sampai 30 kali pertemuan. Sungguh banyak pertanyaan-pertanyaan menyenangkan yang singgah di kepala saya, Apakah saya akan bisa menulis juga seperti para nara sumber lainnya? Apakah saya juga bisa masuk dalam komunitas penulis melintas ID or Kompasiana? Apakah tahun depan saya bisa menerbitkan sebuah buku bahkan lebih seperti para pendahulu lainnya? 

Waaah...pertanyaan itu terus muncul di benak saya, sambil senyum-senyum sendiri. Tapi dari yang saya tangkap dalam penjelasan OmJay cukup santai dan tidak membebani. Kata beliau menulis dijadikan seperti makan dan minum sehingga tidak akan menjadi beban tetapi kebutuhan yang membuat kita tidak bisa meninggalkan aktivitas itu. Serta bahan yang ditulis terserah kita dan menurut keadaan hati kita. Dari situ saya merasa bahwa jika kita mulai dari hal kecil maka tidak ada yang sulit dalam menulis. hanya saja kualitas tulisan yang membedakannya. tetapi untuk pemula enaknya yang mudah-mudah saja sehingga nantinya bisa sering dilakukan dan berubah menjadi hobi baru. 

Bismillah mari kita coba melaksanakan seperti yang diajarkan oleh OmJay untuk sering membaca dan menulis, walaupun notabenenya saya tidak terlalu suka membaca. Jadi, itulah tantangan pertama saya yang harus di lawan untuk mulai sering membaca dan membaca. Lalu menulis dan menulis setiap hari.

terimakasih Dr. Wijayaa Kusuma anda sangat menginspirasi saya malam ini.


Pelaihari, 19 Juni 2023

Hidayatul Jannah


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume 2 " Menulis Tanpa Batas Usia"

Resume 14 : " Sistematika Pembuatan Buku Nonfiksi "